Implementasi Penyusunan Cetak Biru IT – PT. Semen Baturaja, Tbk – Palembang

Pada tanggal 24 Juli 2014, PT. Pandu Cipta Solusi bekerjasama dengan PT. Netsolution melakukan implementasi `IT Governance (Penyusunan Cetak Biru IT/ IT Blue Print)  pada PT. Semen Baturaja, Tbk Palembang .

IMG00341-20140724-0849Adapun latar belakang dari penyusunan Cetak Biru IT/ IT Blue Print pada PT. Semen Baturaja, Tbk adalah :

  • Terwujudnya tata kelola perusahaan sesuai dengan GCG (Good Corporate Governance) yang mendukung transparansi, responsibilitas, akuntabilitas, fairness, dan independensi.
  • Salah satu bentuk implementasi GCG adalah Tata Kelola TI  yang baik dimana Tata Kelola TI disusun berdasarkan standar kerangka kerja yang sudah diterima secara internasional.
  • Melalui Tata Kelola TI diharapkan terjadi peningkatan kapabilitas perusahaan seperti penciptaan nilai tambah, service excelence, dan operasional perusahaan yang efisien, efektif, dan optimal.
  • Tata Kelola TI juga berperan dalam antisipasi resiko dan faktor kritikal perusahaan melalui rencana managemen pengelolaan resiko serta pengelolaan faktor kritikal.

Sedangkan Tujuan dan Saran dari Penyusunan Cetak Biru IT/ IT Blue Print adalah :

  • Menghasilkan dokumen panduan untuk pelaksanaan Strategi Teknologi informasi yang selaras dengan tujuan bisnis PT. Semen Baturaja (Persero), Tbk.
  • Terwujudnya Tata Kelola TI yang baik yang mendukung upaya implementasi Good Corporate Governance secara menyeluruh.
  • Menumbuhkan komitmen top management dan mewujudkan “sense of belonging”  staff dan karyawan untuk pengelolaan TI yang sistematis dan sebagai  code of conduct  terselenggaranya TI dengan baik.
  • Target dalam 5 tahun perusahaan memiliki maturity level 3 dalam hal Tata Kelola TI.

Selain dari hal diatas,  tujuan lainnya adalah agar pelaksanaan IT pada  PT. Semen Baturaja , Tbk  sesuai dengan standard yang sudah ada , selain itu juga berdasarkan acuan pada Peraturan Menteri BUMN PER-02/MBU/2013 Tentang Panduan Penyusunan Pengelolaan Teknologi Informasi Badan Usaha Milik Negara.

Adapun pelaksanaan Penyusunan ini dibagi menjadi 3 tahapan, antara lain :

  1. Penyusunan Cetak Biru IT
  2. Tata Kelola IT
  3. Sinergi IT

IMG00346-20140724-1219Acara yang dihadiri oleh Seluruh Jajaran Management PT. Semen Baturaja, Tbk, mulai dari jajaran BOD sampai dengan Jajaran Eselon 1 dan 2 dan juga dihadiri oleh Management PT. Netsolution  dan PT. Pandu Cipta Solusi. Acara tersebut dimulai dari pembukaan Management PT. Semen Baturaja yang dilakukan oleh Bpk. Pamuji (Direktur Utama) dan juga Pemaparan yang dilakukan oleh PT. Netsolution (Bpk Abdulloh  & Bpk. Bambang Suhartono). Setelah presentasi dilakukan , acara berikutnya Tanya jawab/ diskusi dan juga diakhiri dengan penandatanganan komitment untuk pelaksanaan Penyusunan Cetak Biru IT yang dilakukan oleh Seluruh Jajaran Management , Pejabat Eselon I dan Management PT. Netsolution.

Screen_20140724_125344

Comments are closed