News – Informasi Berita Kegiatan PT. Pandu Cipta Solusi

Implementasi IT Masterplan (IT Blue Print) pada Yayasan Kesejahteraan Karyawan Bank Indonesia

Pada tanggal  18 September 2018, PT. Pandu Cipta Solusi ditunjuk oleh Yayasan Kesejahteraan Karyawan Bank Indonesia (YKKBI) (Salah satu Yayasan yang dimiliki oleh Bank Indonesia) , yang bergerak dibidang pelayanan kepada Karyawan Bank Indonesia maupun para pensiunan Bank Indonesia untuk melaksanakana Pembuatan IT Masterplan (IT Blue Print) 2019-2023.  Strategi  Bisnis dari  Manajemen Pengurus YKKBI yang dituangkan dalam rencana Strategi 2018-2020 salah satunya adalah perlunya YKKBI dalam perencanaan strategi IT (IT Masterplan) untuk mendukung kegiatan yang ada pada maisng-masing Unit/ Satuan kerja , sehingga harapannya adalah agar strategi bisnis yang sudah dtetapkan bisa dapat terlaksana dengan baik dengan perencaan Strategi yang baik.
Pelaksanaan Pembuatan IT Masterplan (IT blue Print) berlangsung selama kurang lebih 3 bulan (15 Desember 2018). Pada pelaksanaannya team Konsultan PT. Pandu Cipta Solusi melakukan assesment kepada seluruh PerwakilanTeam Counter dari masing-masing satuan kerja, kepada Divisi sampai kepada Dewan Pengurus YKKBI.

Acara kegiatan ini juga dibagi menjadi 3 bagian pelaporan, antara lain  : laporan Awal, Laporan Antara dan Laporan Final. Untuk Laporan Antara, proses penyusunan Laporan Antara  ini dilakukan di Hotel Haris, Sentul Bogor yang berlangsung selama 3 hari (tanggal 4-6 Desember 2018) yang dihadiri oleh perwakilan Team Counterpart dari masing-masing satuan kerja dan juga dihadiri oleh Para Kepala Divisi.

Sebagai bentuk pertanggung jawaban team Counterpart , Team IT dan Team Konsultan dari PT. Pandu Cipta Solusi, pada tanggal 31 Desember 2018, dilakukan laporan final kegiatan IT masterplan kepada dewan Pengurus YKKBI .
————————————————end of article———————————————-

 

Implementasi IT Masterplan (IT Blue Print) pada PT. Gapura Angkasa

Pada   tanggal 24 Desember  2017, PT. Pandu Cipta Solusi ditunjuk oleh PT. Gapura Angkasa (salah satu anak perusahaan PT. Garuda Indonesia dan Angkasa Pura 1,2 yang bergerak dibidang Ground Handling , Cargo Services serta Hospitality ) untuk melaksanakan Pembuatan IT Masterplan (Cetak Biru IT) 2018-2022. Strategi bisnis yang diterapkan oleh manajemen PT. Gapura Angkasa dalam 5 tahun kedepan melihat bahwa perlunya dukungan IT agar strategi bisnis perusahaan bisa terlaksana. Salah satu pendekatan yang dilakukan oleh pihak Manajemen PT. Gapura Angkasa adalah dengan melakukan implementasi IT Masterplan di Perusahaannya. Proses pembuatan yang berlangsung hampir 2 ½ bulan dengan metode pendekatan assessment kepada para VP dilingkungan PT. Gapura Angkasa untuk mengetahui seberapa besar kebutuhan bisnis dari masing-masing VP terhadap IT serta diskusi dengan team IT PT. Gapura Angkasa. Setelah beberapa kali diskusi dengan team IT serta review dari para VP yang ada dilingkungan PT. Gapura Angkasa, tepatnya pada hari selasa 13 Maret 2018, dilakukan Laporan presentasi Final IT Masterplan kepada seluruh jajaran manajemen PT. Gapura Angkasa (seluruh BOD – mulai dari Direktur Utama, Direktur Operasional, Direktur Marketing, Direktur SDM serta para VP).

 

Hasil dari laporan presentasi Final IT Masterplan adalah bahwa harapan seluruh Manajemen terhadap IT benar-benar bisa menjadi pendukung bisnis dalam merealiasikan strtegi bisnis melalui pendekatan IT.

————————————————end of article———————————————-

Pelaksanaan Maintenance Berkala Perangkat IT (Infrastruktur IT) KPP Beacukai Pasar Baru

Pada   tanggal 3 Maret 2018, PT. Pandu Cipta Solusi ditunjuk oleh Kantor Pratama Beacukai Pasar Baru  untuk melaksanakan Maintenance berkala (Kontrak tahunan) seluruh  perangkat infrastruktur IT yang ada disana (PC, Notebook). Kegiatan ini dilakukan oleh pihak KPP Beacukai Pasar Baru untuk menghindari permasalahan perangkat IT yang digunakan bermasalah pada saat digunakan, sehingga dengan adanya perawatan berkala ini, diharapkan permasalahan yang besar terkait dengan perangkat IT yang ada bisa diminimalisir Karena sudah dilakukan preventive maintenance (perawatan untuk pencegahan). Salah satu yang dilakukan oleh Team PT. Pandu Cipta Solusi adalah melakukan optimalisasi terhadap system yang ada dengan cara melakukan tuning terhadap system operasi dan melakukan pengecekan terhadap infrastruktur IT yang ada.

————————————————end of article———————————————-

 

Implementasi Sistem Aplikasi SLIK (Sistem Laporan Informasi Keuangan) OJK pada PT. Resona Indonesia Finance

Pada   tanggal 28 Pebruari 2018, PT. Pandu Cipta Solusi beserta PT. Resona Indonesia Finance (perusahaan yang bergerak dibidang Leasing/ Financing) melaksanakan implementasi Aplikasi Klinik (Go Live) Aplikasi SLIK (Sistem Laporan Informasi Keuangan). Aplikasi yang dikembangkan oleh PT. Pandu Cipta Solusi merupakan aplikasi yang dikembangkan dengan metode full development (Full customized) berdasarkan dari keinginan user (bagian finance, accounting, marketing)  sesuai dengan arahan peraturan OJK (Otoritas Jasa Keuangan), dimana setiap perusahaan yang bergerak dibidang keuangan diharuskan melaporkan  kegiatannya kepada OJK melalui aplikasi. Sistem Aplikasi SLIK ini menggunakan konsep bridging data dari Database yang sebelumnya mereka miliki (Database Leasing).

Proses pengembangan yang berlangsung kurang lebih 2 bulan berjalan dengan lancar dengan pelaksanaan UAT (User Acceptance Test) oleh para Key User sampai dengan Go Live (sistem digunakan oleh user)

————————————————end of article———————————————-

Implementasi Sistem Informasi Klinik pada PT. Cahaya Saga

Pada   tanggal 28 Mei sampai dengan 29 Juni 2017, PT. Pandu Cipta Solusi melaksanakan implementasi Aplikasi Klinik (Ocean Medic)  pada PT. Cahaya Saga yang berlokasi di Kota Makasar (Sulawesi Selatan). Implementasi  ini berlangsung selama 1 bulan. Adapun Tujuan dari implementasi sistem ini adalah bahwa System ini akan membantu pihak   Klinik memonitor semua kegiatan disetiap depar temen dari satu lokasi dan akan memberikan kontrol yang efektif terhadap masalah pendapatan, pelaporan keuangan Rumah Sakit / Klinik dapat segera diperoleh dengan ke amanan terjaga, dan terjamin atas pemborosan .

Adapun feature-feature/ Modul yang diimplementasikan pada pelaksanana proyek ini adalah :

  1. Modul Master Data dan Admin ( Dokter dan Jasa, Master Tinda kan dan Tariff , Master Temp at Tidur dan Tariff , Master ICD , Master Kelas , Master Perus ahaan / Jaminan , Master User d an Role , Master Tarif d an data Laboratorium , Master Tarif d an data Radiologi )
  2. Pendaftaran (Rawat Jalan)
  3. Pusat Informasi / Resepsionis ( Data Pasien di Rawat , Pencarian Nama Dokter )
  4. Layar Dokter/ Rekam Medis ( Data Vital , Catatan Dokter, Resep, Tindakan Penunjang Medis ,resume Medis , Rujukan Dokter Internal, Hasil Pemeriksaan Laboratorium , Hasil Pemeriksaan Radiologi
  5. Keperawatan Poli (Data Vital, Tindakan Medis)
  6. Tindakan Penunjang Medis ( Laboratorium, Radiologi, Tindakan Medis)
  7. Apotik (Master Obat , Master Supplier , Master Pabrikan, Level Obat (Buffer Stock) , Obat Rusak , Penjualan , Retur Penjualan )
  8. Gudang / Logistik Umum ( Manajemen Obat Kadaluarsa, Multi Konter / Multi Depo , Mutasi Obat , Permintaan Obat , Pembuatan PO, Penerimaan Obat , Pengaturan Stok / Stock Adjustment
  9. Kasir ?Tagihan
  10. Bridging BPJS
  11. Akunting ( General Ledger, Trial Balance, Profit & Loss
  12. Marketing
  13. Absensi

 

————————————————end of article———————————————-

Implementasi Windows Server (Active Directory), Migrasi Mail Server serta Database Server pada PT. Resona Indonesia Finance

Pada hari Sabtu,  tanggal 1 April 2017, PT. Pandu Cipta Solusi melaksanakan implementasi Windows Server dengan penerapan konsep Active Directory, Proses migrasi mail server dari Mdaemon ke Microsoft Exchange Server  konfigurasi Database Server dengan Microsoft SQL Server dengan Perangkat server yang baru .  Tujuan dari pelaksanaan ini Dalam pelaksanaan ini agar sistem jaringan berjalan dengan aman dan terkelola dengan baik, khususnya pembuatan rules/ aturan pada active directory serta rules/ aturan pada Microsoft Exchange Server untuk setiap pengguna.

Proses pekerjaan yang berlangsung 2 hari bisa berjalan dengan baik dengan pengawalan/ pendampingan pada saat hari seninnya dari Team, sehingga membuat para pengguna/ user bisa menggunakan komputer/ notebooknya seperti biasa tanpa mengalami kendala karena ada perubahan sistem yang baru.

————————————————end of article———————————————-

Implementasi IT Audit Aplikasi dan Infrastruktur di Rumah Sakit Pelni

Pada tanggal tanggal 5 September 2016 PT. Pandu Cipta Solusi melaksanakan IT Audit Aplikasi serta Infrastruktur  pada Rumah Sakit Pelni, Jakarta.  Tujuan dari IT Audit ini adalah  untuk memastikan bahwa proses-proses yang dilaksanakan oleh Divisi IT  RS Pelni sudah berjalan dengan aman, efisien , menghindari kerugian akibat kehilangan data, resiko kebocoran data serta ingin melihat performance serta optimalisasi dari infrastruktur yang ada.

Pelaksanaan Audit IT yang dilakukan selama kurang lebih 20 hari , dihasilkan beberapa temuan serta rekomendasi untuk perbaikan dikemudian hari.  Dalam Laporannya, PT. Pandu Cipta Solusi memberikan pemaparan laporan sebanyak 2 kali, yang pertama adalah Pemaparan hasil temuan serta rekomendasi secara teknis kepada team IT RS. Pelni, yaitu dilakukan pada tanggal 20 septebmber 2016 serta pemaparan laporan final kepada manajemen RS Pelni yang dilakukan pada tanggal 24 September 2016 yang dihadiri oleh Team IT serta Direktur Utama serta Direktur Keuangan RS. Pelni .

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan klik berikut ini 

————————————————end of article———————————————-

Review Implementasi Aplikasi SIKALEM  Sistem Informasi Kecamatan, Kelurahan dan Lembaga Kemasyarakatan Kota Tangerang Selatan).

Pada tanggal 30 September 2015, PT. Pandu Cipta Solusi diundang oleh Pemda Kota Tangerang Selatan, dalam rangka melakukan review terhadap aplikasi SIKALEM (Sistem Informasi Kecamatan, Kelurahan dan Lembaga Kemasyarakatan Kota Tangerang Selatan). Kegiatan ini dilakukan untuk melakukan review terhadap aplikasi, apakah sudah layak digunakan, maupun mendengarkan masukan-masukan dari pihak kelurahan/ kecamatan yang diwakili oleh user masing-masing. Acara yang berlangsung hampir selama 4 jam, memberikan banyak masukan terhadap aplikasi tersebut.

Slide Capture - Aplikasi Sikalem - Pemkot TangselAplikasi yang terdiri dari beberapa  modul antara lain :

  • Umum
  • Data Perangkat
  • Data Lembaga Kemasyarakatan
  • Data Asset
  • Data Keuangan
  • Data Kamtibmas
  • Data Tingkat Pendidikan
  • Data Sarana Pendidikan
  • Data Sarana Kesehatan
  • Data Tenaga Kesehatan
  • Data Mutasi Penduduk
  • Data Pekerjaan
  • Data Keagamaan
  • Data Bencana & Gangguan Keamanan
  • Data Sarana Perekonomian
  • Data Dewan Pimpinan Cabang (DPC)
  • Daftar Pemilih Tetap Partai Politik

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan klik berikut ini

————————————————end of article———————————————-

Implementasi Aplikasi HRIS (Human Resources Information System) pada PT. Meindo Elang Indah, Jakarta

Pada tanggal 22 September 2015, PT. Pandu Cipta Solusi melaksanakan implementasi aplikasi HRIS (Human Resources Information System)  pada PT. Meindo Elang Indah, Jakarta.  Tujuan dari implementasi Aplikasi HRIS adalah agar proses-proses yang ada bisa terpusat dan juga tidak ada lagi penggunaan aplikasi Manual.

IMG00818-20150922-1016

Aplikas HRIS yang dijalankan pada PT. Meindo Elang Indah berisi 3 modul, antara lain :

  1. Recruitment (Vacancy Records, Online Registration, Applicants Records, Invitation Schedule, Psikotest Records, Skill Test Review, Interview Records, New Employee Acceptance, Document Submission)
  2. Human Resources (Employee Data, Promotion, Demotion, Mutation, Attendance, Leave Letter, Permission Letter, Overtime Letter, Employee Loans Letter, Medical, People Management, Key Perfomance Indicator, Warning Letter, Memorandum, Appraisal, Termination, Employee Historical

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan klik berikut ini

————————————————end of article———————————————-

Implementasi Penyusunan Cetak Biru IT – PT. Semen Baturaja, Tbk – Palembang

Pada tanggal 24 Juli 2014, PT. Pandu Cipta Solusi bekerjasama dengan PT. Netsolution melakukan implementasi `IT Governance (Penyusunan Cetak Biru IT/ IT Blue Print)  pada PT. Semen Baturaja, Tbk Palembang .

IMG00341-20140724-0849Adapun latar belakang dari penyusunan Cetak Biru IT/ IT Blue Print pada PT. Semen Baturaja, Tbk adalah :

  • Terwujudnya tata kelola perusahaan sesuai dengan GCG (Good Corporate Governance) yang mendukung transparansi, responsibilitas, akuntabilitas, fairness, dan independensi.
  • Salah satu bentuk implementasi GCG adalah Tata Kelola TI  yang baik dimana Tata Kelola TI disusun berdasarkan standar kerangka kerja yang sudah diterima secara internasional.
  • Melalui Tata Kelola TI diharapkan terjadi peningkatan kapabilitas perusahaan seperti penciptaan nilai tambah, service excelence, dan operasional perusahaan yang efisien, efektif, dan optimal.
  • Tata Kelola TI juga berperan dalam antisipasi resiko dan faktor kritikal perusahaan melalui rencana managemen pengelolaan resiko serta pengelolaan faktor kritikal.

Sedangkan Tujuan dan Saran dari Penyusunan Cetak Biru IT/ IT Blue Print adalah :

  • Menghasilkan dokumen panduan untuk pelaksanaan Strategi Teknologi informasi yang selaras dengan tujuan bisnis PT. Semen Baturaja (Persero), Tbk.
  • Terwujudnya Tata Kelola TI yang baik yang mendukung upaya implementasi Good Corporate Governance secara menyeluruh.
  • Menumbuhkan komitmen top management dan mewujudkan “sense of belonging”  staff dan karyawan untuk pengelolaan TI yang sistematis dan sebagai  code of conduct  terselenggaranya TI dengan baik.
  • Target dalam 5 tahun perusahaan memiliki maturity level 3 dalam hal Tata Kelola TI.

Selain dari hal diatas,  tujuan lainnya adalah agar pelaksanaan IT pada  PT. Semen Baturaja , Tbk  sesuai dengan standard yang sudah ada , selain itu juga berdasarkan acuan pada Peraturan Menteri BUMN PER-02/MBU/2013 Tentang Panduan Penyusunan Pengelolaan Teknologi Informasi Badan Usaha Milik Negara.

Adapun pelaksanaan Penyusunan ini dibagi menjadi 3 tahapan, antara lain :

  1. Penyusunan Cetak Biru IT
  2. Tata Kelola IT
  3. Sinergi IT

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan klik berikut ini

————————————————end of article———————————————-

 

Implementasi Aplikasi QCDSM pada PT. Haeng Nam Sejahtera Indonesia

Pada tanggal 21 Mei 2014,  PT. Pandu Cipta Solusi (PT. PCS) melaksanakan Development –  implementasi sistem Aplikasi QCDSM (Quality Cost Delivery ) pada PT. Haeng Nam Sejahtera Indonesia (PT. HSI) yang berlokasi di Bogor. PT. Haeng Nam Sejahtera Indonesia (HSI) adalah suatu perusahaan adalah spesialis terkemuka dan pembuatan stoneware dan elegant bone (New Bone cina) keramik peralatan makan, dengan penekanan pada produk-produk berkualitas premium yang terjangkau, layanan terbaik dan pengiriman yang handal.

IMG_20140521_110415
Aplikasi ini dibuat berdasarkan permasalahan yang ada pada PT. HSI, antara lain :

  1. Informasi mengenai status PO dari pihak Customer (baik jumlah, tanggal, design (art work) , box , target pengiriman) dari tanggal pemesanan order, sering terjadi informasi yang tidak akurat terutama pada saat dilakukannya inspeksi yang dilakukan oleh pihak eksternal (seperti : SGS yang ditunjuk oleh customer dari luar negeri) .
  2. Proses PPIC yaitu mengenai proses permintaan order (adjust plan) yaitu pada saat oder dari pihak marketing kepada PPIC terkait untuk pemenuhan akan permintaan produksi dari buyer, dimana nantinya kedua bagian ini (marketing dan PPIC) akan melakukan koordinasi, dimana  salah satu tugas yang dilakukan oleh PPIC  yaitu mulai dari kesiapan material, melihat estimasi kesiapan produksi, melakukan pengecekan stock, adapun masalah yang terjadi dari proses ini adalah terkadang informasi yang dibutuhkan untuk mengenai kesiapan produksi serta melakukan pengecekan membutuhkan proses yang cukup lama, sehingga berdampak kepada lamanya keputusan yang harus disampaikan kepada pihak buyer.
  3. Laporan QCDME, dimana laporan ini digunakan untuk menginformasikan mengenai masalah yang terjadi pada saat bagian finish good, dimana tujuan dari laporan ini nantinya adalah untuk menganalisa terhadap masalah-masalah yang terjadi berdasarkan cek list item yang sudah ada. Laporan QCDME yang digunakan saat ini masih menggunakan sistem cek list (tulus) yang sudah disediakan pada form yang ada, masalah yang terjadi adalah terkadang informasi yang diberikan tidak bisa langsung  dikirimkan (ditumpuk dahulu) dan terkadang ada juga beberapa dokumen yang tercecer, sehingga informasi yang dihasilkan menjadi lama.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan klik berikut ini

————————————————end of article———————————————-

 


 

 


 

Comments are closed