Implementasi Aplikasi QCDSM pada PT. Haeng Nam Sejahtera Indonesia

Pada tanggal 21 Mei 2014,  PT. Pandu Cipta Solusi (PT. PCS) melaksanakan Development –  implementasi sistem Aplikasi QCDSM (Quality Cost Delivery ) pada PT. Haeng Nam Sejahtera Indonesia (PT. HSI) yang berlokasi di Bogor. PT. Haeng Nam Sejahtera Indonesia (HSI) adalah suatu perusahaan adalah spesialis terkemuka dan pembuatan stoneware dan elegant bone (New Bone cina) keramik peralatan makan, dengan penekanan pada produk-produk berkualitas premium yang terjangkau, layanan terbaik dan pengiriman yang handal.

IMG_20140521_110415
Aplikasi ini dibuat berdasarkan permasalahan yang ada pada PT. HSI, antara lain :

  1. Informasi mengenai status PO dari pihak Customer (baik jumlah, tanggal, design (art work) , box , target pengiriman) dari tanggal pemesanan order, sering terjadi informasi yang tidak akurat terutama pada saat dilakukannya inspeksi yang dilakukan oleh pihak eksternal (seperti : SGS yang ditunjuk oleh customer dari luar negeri) .
  2. Proses PPIC yaitu mengenai proses permintaan order (adjust plan) yaitu pada saat oder dari pihak marketing kepada PPIC terkait untuk pemenuhan akan permintaan produksi dari buyer, dimana nantinya kedua bagian ini (marketing dan PPIC) akan melakukan koordinasi, dimana  salah satu tugas yang dilakukan oleh PPIC  yaitu mulai dari kesiapan material, melihat estimasi kesiapan produksi, melakukan pengecekan stock, adapun masalah yang terjadi dari proses ini adalah terkadang informasi yang dibutuhkan untuk mengenai kesiapan produksi serta melakukan pengecekan membutuhkan proses yang cukup lama, sehingga berdampak kepada lamanya keputusan yang harus disampaikan kepada pihak buyer.
  3. Laporan QCDME, dimana laporan ini digunakan untuk menginformasikan mengenai masalah yang terjadi pada saat bagian finish good, dimana tujuan dari laporan ini nantinya adalah untuk menganalisa terhadap masalah-masalah yang terjadi berdasarkan cek list item yang sudah ada. Laporan QCDME yang digunakan saat ini masih menggunakan sistem cek list (tulus) yang sudah disediakan pada form yang ada, masalah yang terjadi adalah terkadang informasi yang diberikan tidak bisa langsung  dikirimkan (ditumpuk dahulu) dan terkadang ada juga beberapa dokumen yang tercecer, sehingga informasi yang dihasilkan menjadi lama.

Adapun Modul yang akan dikerjakan pada Implementasi ada 3 bagian, antara lain :

  1. Modul Aplikasi QCDSM
  2. Modul Aplikasi Adjust Plan
  3. Modul Aplikasi Monitoring PO

Acara Kick Off yang dihadiri oleh Karyawan PT. HSI dengan PT. PCS  berlangsung selama hampir 3 jam, dimulai dengan pemaparan oleh Project Manager implementasi sistem QCDSM (Bpk. Songky) dan juga penanda tanganana dokumen Komitmen pelaksanaan projek. Selain dari para Staff dan Karyawan dari kedua perusahaan, acara ini juga   dihadiri oleh Management PT. PCS Bapak Bambang Suhartono dan juga Bpk. Agung Sr.
IMG_20140521_110040

Comments are closed