Bagaimana membangun IT Business Continuity Plan (Perencanaan Keberlanjutan Bisnis/ Layanan dari Perspektif IT)

Pada tanggal 18 Mei 2020, tepatnya Pukul 14.00-17.15 telah berlangsung acara seminar Online yang bertemakan KOVIT IT GOVERNMENT. Acara yang diselenggarakan oleh Eventcerdas.com dan juga NICT UIN Jakarta mengundang 4 nara sumber untuk mengisi acara tersebut, masing-2 nara sumber adalah sebagai berikut :

1. Bpk Dr. Sopyansyah , NICT UIN Jakarta , mengangkat Tema “Business Process Management”.
2. Bpk. Bambang Suhartono, PT. Pandu Cipta Solusi, mengangkat Team “How To Developed IT Business Continuity Management (BCM)”
3. Bpk. Wisnoe Pribadi, Data Center Expert ,, mengangkat Tema “Penerapan SNI , Pusat Data”
4. Bpk. Yudhistira, ITIL EXpert, mengangkat Tema ” Support From Home on Remote ITSM ”

PT. Pandu Cipta Solusi melalui perwakilan Bapak Bambang Suhartono , ikut serta dalam mengisi acara seminar online ini, Kebetulan topik/ judul yang diangkat adalah Bagaimana Mengelola Keberlanjutan Layanan dari perspektif IT. Tema ini diangkat karena saat ini dalam kondisi pandemic Covid – 19 ini menyadarkan kita akan pentingnya sebuah layanan yang tidak boleh berhenti pada saat kondisi dimana pemerintah memberlakukan bahwa perkantoran tutup serta aktivitas dikurangi dan juga memberlakukan WFH (Work From Home). Banyak teman-2 saya dari berbagai organisasi, baik perusahaan, Akademisi menanyakan bagaimana agar kegiatan tetap berjalan , walaupun dengan kondisi WFH . Berikut ini saya berikan rekaman dari acara tersebut , semoga saja bisa bermanfaat bagi rekan-2 semua.